Selasa, 25 Juli 2017

Dodol Jagung, Inovasi Produk Olahan Jagung Desa Banyu Beseh


Salah satu komoditi yang banyak ditanam oleh petani Desa Banyu Beseh adalah jagung. Jagung sendiri merupakan tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Madura. Biasanya, jagung banyak dikonsumsi sebagai campuran untuk nasi maupun untuk pakan unggas. Hal ini menjadikan jagung sebagai salah satu komoditas utama di pulau Madura.

Ada berbagai olahan jagung yang sering kita jumpai, seperti nasi jagung dan bubur jagung. Namun bagaimana jika jagung dibuat dodol ? Biasanya, dodol dibuat dengan bahan dasar tepung ketan. Tetapi berbeda dengan ide dari Kelompok KKN 7 UTM. Mereka membuat dodol dengan bahan dasar jagung, namun rasanya tak kalah enak dengan dodol pada umumnya.

Suasana saat pelatihan pembuatan dodol jagung.

Bahan - bahannya sederhana. Bubur jagung, tepung ketan, gula pasir, gula merah cair, mentega, garam dapur, vanili, dan santan kelapa. Cara membuatnya pun cukup mudah, campurkan bubur jagung, santan, gula merah cair, mentega, dan gula pasir, lalu didihkan diatas api sedang sambil diaduk - aduk sampai adonan mengental, tambahkan tepung ketan yang sudah dicairkan agar adonan tidak menggumpal saat dimasak. Aduk terus hingga dodol matang, ciri - ciri dodol yang sudah matang yaitu adonan akan kalis dan tidak lengket.

Pelatihan pembuatan dodol jagung kali ini dilaksanakan oleh Kelompok KKN 7 UTM di rumah kepala desa Banyu Beseh. Masyarakat tampak antusias dalam mengikuti pelatihan kali ini. Salah satu warga yang mengikuti pelatihan pembuatan dodol jagung ini berharap dengan adanya pelatihan dodol jagung ini, perekonomian desa Banyu Beseh dapat meningkat.


Related Posts

Dodol Jagung, Inovasi Produk Olahan Jagung Desa Banyu Beseh
4/ 5
Oleh

Berlangganan artikel

Suka artikel ini ? Masukkan e-mail Anda untuk berlanggan artikel blog Desa Banyu Beseh.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>