Search This Blog

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Artikel Populer

Ikuti Kami

Ikuti Kami di Instagram

Berlangganan Artikel

Minggu, 30 Juli 2017

Menyuburkan Tanah Kembali dengan Pupuk Kompos


Selama ini, banyak petani yang mengandalkan pupuk berbahan kimia untuk mendapatkan hasil panen yang diinginkan. Tapi tahukah anda, bahwa penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat merusak kualitas tanah ? Hal ini yang menyebabkan unsur hara pada tanah hilang sehingga tanah menjadi sulit untuk ditanami.

Dari fenomena diatas, muncul ide dari mahasiswa S1 Agroteknologi bernama Pramastia Yoga yang akrab disapa Yoga. Anggota kelompok KKN 7 UTM ini ingin menggalakkan penggunaan pupuk kompos yang berasal dari sisa panen dan kotoran ternak agar unsur hara dalam tanah kembali normal. Seperti yang kita ketahui tanah di pulau Madura memiliki karakteristik kering.

Pelatihan ini dilaksanakan pada Hari Jum'at, 28 Juli 2017 di sekitar pos kamling Desa Banyubesi dan diikuti oleh para petani Desa Banyubesi. Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat pupuk kompos ini yaitu jerami, kotoran ternak, gula pasir, dan bakteri EM-4 yang bisa diperoleh di toko pertanian. Cara membuatnya sederhana, yang pertama jerami dicacah, kemudian diaduk dengan kotoran hewan. Siapkan air 1 ember, dan masukkan 3 tutup botol bakteri EM-4. Encerkan gula putih, kemudian masukkan ke dalam ember yang sudah berisikan campuran air dan bakteri EM-4. Setelah itu, siram adukan jerami dan kotoran ternak dengan campuran bakteri EM-4 yang telah dibuat, lalu aduk hingga rata. Kemudian masukkan ke dalam karung.



"Larutan gula putih berfungsi untuk menghidupkan bakteri EM-4 dan memberikan makanan untuk bakteri EM-4 agar bisa tumbuh, pupuk kompos akan terbentuk dalam jangka waktu 1 bulan. Dalam waktu tersebut, jangan sampai pupuk terkena air hujan.", papar Yoga dalam pelatihan tersebut. Para peserta pelatihan sangat senang dengan adanya pelatihan kali ini.

"Semoga saja dengan adanya pelatihan ini dan penggunaan pupuk kompos, tanah sawah disini menjadi lebih subur." Ucap salah satu peserta pelatihan.

Tidak ada komentar:
Write comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Update terbaru dari kami ?
Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari kami !