Jumat, 28 Juli 2017

Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga untuk Pemuda Desa Banyu Beseh


Apa yang akan anda lakukan jika lampu di rumah tidak bisa menyala padahal sudah mengganti lampu dengan yang baru ? Memanggil orang yang ahli di bidangnya ? Bisa saja, namun itu cara lama. Bisa jadi yang rusak hanyalah tombol on/off dari lampu tersebut putus dan hanya membutuhkan sedikit perbaikan.

Ide untuk pelatihan ini digagas oleh Umar Faruq, anggota kelompok KKN 7 UTM jurusan S1 Teknik Elektro yang sering memperbaiki kerusakan listrik dalam rumah tangga seperti rusak steker, rusak tombol on/off, dan kerusakan kecil lainnya. Faruq ingin memberikan edukasi kelistrikan dasar rumah tangga kepada warga desa Banyu Beseh khususnya para pemuda.

Bertempat di halaman posko KKN 7 UTM, Faruq berbagi ilmu kelistrikan yang ia miliki kepada peserta pelatihan yang semuanya adalah pemuda. Ia menerangkan bahwa sebenarnya memperbaiki listrik itu mudah, asalkan kita harus cermat dan hati - hati agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Faruq sendiri mengaku sudah tersengat listrik beberapa kali saat ia sedang memperbaiki kelistrikan. "Alhamdulillah, meski saya bolak-balik kesetrum, saya masih hidup", ucap Faruq sambil tertawa.

Pelatihan yang diberikan cukup sederhana, yaitu bagaimana cara membuat rangkaian listrik untuk lampu kamar, merakit stop kontak, dan hal yang harus dilakukan jika ada alat listrik rumah yang rusak. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Related Posts

Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga untuk Pemuda Desa Banyu Beseh
4/ 5
Oleh

Berlangganan artikel

Suka artikel ini ? Masukkan e-mail Anda untuk berlanggan artikel blog Desa Banyu Beseh.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>