Search This Blog

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Artikel Populer

Ikuti Kami

Ikuti Kami di Instagram

Berlangganan Artikel

Jumat, 27 Juli 2018

KKN Kelompok 30 Universitas Trunojoyo Madura Adakan Pelatihan Pupuk Cair dan Bank Sampah




BERMANFAAT - Sudah menjadi budaya bahwa Kuliah Kerja Nyata(KKN) adalah hal wajib bagi mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Termasuk bagi mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Banyak kegiatan yang dilakuakan oleh mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN terutama kegiatan yang berguna bagi masyarakat.Seperti yang dilakukan oleh kelompok KKN 30 UTM. Kelompok yang bertugas di Desa Banyubesi, Kecamatan Tragah, Bangkalan ini mencoba berinisiatif mengajarkan warga tentang pengolahan sampah.



“Perihal sampah organik dan non organik dimana kedua sampah tersebut dapat diolah agar lebih bermanfaat lagi bagi warga Banyubesi, Tragah,” ucap Iqbal Rizaldi P selaku Koordinator Desa KKN 30, Jumat (27/7/2018).

Oleh sebab itu pihaknya pada hari Rabu (25/7/2018) melaksanakan sosialisasi pupuk cair yang berasal dari pelepah pisang yang kering ataupun yang basah.

“Hal ini melihat kondisi lingkungan yang mana terdapat banyak pelepah pisang yang tidak digunakan lagi setelah berbuah,” imbuhnya.

Selain progam pupuk cair organik, ada juga progran bank sampah. Keduanya adalah progam kerja unggulan KKN 30 agar lingkungan sekitar lebih terjaga kebersihanya.

“Progam kerja ini sangat bagus, yang mana bisa membuat lingkungan menjadi bersih,” pungkasnya.

Luluk Masruroh sebagai salah satu pemateri pupuk cair organik mengatakan sebenarnya bukan hanya pelepah pisang saja yang dapat digunakan sebagai pupuk cair organik.

“Melainkan juga sampah-sampah dari daun dan bahan organik lainya. Tetapi melihat kondisi lingkungan yang terdapat banyak pelepah pisang yang tidak digunakan akhirnya dari kita memberikan contoh pelepah pisang saja,” ujarnya.

Untuk progam kerja yang kedua yaitu Bank Sampah, Desa Banyubesi adalah desa pertama di Pulau Madura yang melaksanakan progam Bank Sampah ini.

“Semoga ini adalah cikal bakal Progam Bank Sampah di Bangkalan, dan semoga progam ini dapat berjalan dengan lancar,” ucap Syahril selaku pemateri sosialisasi bank sampah. 

sumber : lingkarjatim.com



Tidak ada komentar:
Write comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Update terbaru dari kami ?
Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari kami !