Search This Blog

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Artikel Populer

Halaman

Ikuti Kami

Ikuti Kami di Instagram

Berlangganan Artikel

Search This Blog

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Ikuti Kami

Ikuti Kami di Instagram

Berlangganan Artikel

Senin, 23 Juli 2018

Sejarah Desa Kami




   Menurut cerita dari beberapa warga, konon nama Desa Banyubesi diambil dari kisah orang Jawa yang melakukan perjalanan dan datang ke suatu desa dan mengambil air wudlu, karena bersihnya air, orang tersebut takjub dan mengucapkan: “Banyu Bersih”. Kata Banyu berarti “air”. Jadi Banyu Bersih bermakna “Air bersih”. Namun penduduk menyebutnya dengan sebutan Banyubesi karena bagi mereka lebih mudah dalam pengucapannya. Dalam versi lain disebutkan bahwa penduduk desa tersebut salah dengar sehingga menyebut “Banyubesi”. Namun akhirnya nama ini yang kemudian menjadi nama bagi desa tersebut.
   Desa Banyubesi merupakan salah satu desa dari 183 (seratus delapan puluh tiga) desa yang ada di Kabupaten Bangkalan dan merupakan satu dari 18 (delapan belas) desa yang ada di Kecamatan Tragah, Bangkalan (BKKBN, 2017). Desa Banyubesi memiliki 3 dusun, yaitu; Dusun Lenggung, Dusun Deringan dan Dusun Bidjenan. Masyarakat di desa Banyubesi tidak kesulitan untuk memperoleh akses air bersih karena letak desa yang dekat dengan sumber Mata Air Pocong yang terletak di Desa Pocong, Kecamatan Tragah, Bangkalan.
   Luas wilayah Desa Banyubesi adalah 119,47 Ha atau 3,57 Km2. Penggunaan lahan yaitu 94,81 Ha untuk tanah sawah, 6,10 Ha untuk tanah tegalan, 18,31 Ha untuk bangunan/pekarangan dan 0,25 Ha untuk kebutuhan lainnya (BPS, 2017). Jarak desa dengan Kota Bangkalan yaitu ±15 Km, sedangkan jarak desa dengan Kantor Kecamatan Tragah yaitu ±4 Km. Desa Banyubesi terletak pada ketinggian 24 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 4.241 mm per tahun (rata-rata curah hujan per hari 32,62 mm). Batas wilayah Desa Banyubesi adalah:
   a. Sebelah Utara: berbatasan dengan Desa Jeddung, Kecamatan Tragah.
   b. Sebelah Timur: berbatasan dengan Desa Karang Leman, Kecamatan Tragah.
   c. Sebelah Selatan: berbatasan dengan Desa Tragah, Kecamatan Tragah.
   d. Sebelah Barat: berbatasan dengan Desa Pamorah, Kecamatan Tragah.









_____

Update terbaru dari kami ?
Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari kami !